Sabtu, 25 Juli 2009

BANTUL SANGAT MEMERLUKAN HUTAN BAKAU

Hari ini dilakukan penanaman 5000 batang

  • Hari ini Senin (27/7) / besok lusa diagendakan dilakukan penanaman hutan bakau di pantai Tirtohargo Kretek. Penanaman sebanyak 5000 batang yang diprakarsai oleh PMI Bantul dan Dipertahut Bantul tersebut dimaksudkan untuk menahan abrasi laut Selatan dan untuk antisipasi kemungkinan terjadinya tsunami.
  • penanaman hutan bakau hari ini akan dipusatkan di pantai Baros desa Tirtohargo Kretek, yakni pada lokasi muara sungai Opak yang selama ini sering berubah-ubah letak. Setelah dicermati oleh Dipertahut Bantul dilokasi tersebut ternyata terdapat sekitar 20 Ha lahan-lahan pesisir yang apabila air laut pasang lahan tersebut tergenang air. Bahkan lahan tersebut dengan laut selatan saat ini hanya dipisahkan oleh gundukan pasir yang memanjang dari timur ke barat yang setiap hari gundukan pasir tersebut makin berkerang oleh abrasi laut (gerusan ombak laut selatan).
  • Dikhawatirkan apabila gundukan pasir tersebut habis maka areal seluas 20 Ha tersebut akan berubah menjadi laut. Oleh karenanya sangat diperlukan hutan bakau yang lebat guna memperkuat struktur tanah agar tidak mudah tergerus ombak, sekaligus akan menjadi penghalang/pematah jika sewaktu-waktu terjadi bencana tsunami.
  • Penanaman 5000 batang pohon bakau kali ini memanfaatkan bantuan dari PMI negara Jerman. Namun bibit sebanyak itu hanya akan mencukupi sekitar 15% lokasi yang dinilai rawan oleh abrasi maupun sering berpindahnya muara sungai. Penanaman kali ini juga belum menjangkau gundukan pasir yang selama ini menjadi pembatas antara lahan 20 Ha tersebut dengan laut. Tanaman bakau yang ditanam hari ini bibitnya seluruhnya diambil dari Jepara Jawa Tengah.
  • Dipertahut Bantul mengakui bahwa penemuan lokasi yang sangat memerlukan hutan bakau di wilayah BAntul tersebut sebagai temuan yang belum lama didapatkan. Selama ini berbagai pihak menilai bahwa wilayah pantai kabupaten BAntul tidak cocok dan tidak memerlukan hutan bakau.
Bantul, 25 Juli 2009
Ka. DIPERTAHUT Bantul

Ir. Edy Suhariyanta, MMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar