Senin, 03 Agustus 2009

ELNINO : PETANI DIHIMBAU TIDAK CEMAS

Dampaknya Diperkirakan Terjadi Pada Akhir Musim Kemarau


  • Dampak elnino tahun 2009 diprediksi akan dirasakan pada akhir musim kemarau karena dampak elnino adalah berupa kemarau panjang yang kering. Oleh karenanya petani dihimbau untuk melaksanakan pola tanam MT III 2009 (MT : Musim Tanam) ini tanpa disertai dengan rasa cemas.
  • Himbauan tersebut perlu disampaikan, mengingat masyarakat cenderung panik begitu mendengar akan terjadinya elnino pada tahun ini. Padahal kemarau panjang yang kering itu baru akan dirasakan pada akhir musim kemarau nanti. Yakni jika pada kondisi iklim yang normal, musim kemarau akan berakhir pada minggu keempat Oktober, maka apabila dampak elnino benar-benar akan terjadi berarti berakhirnya musim kemarau akan mundur. Seberapa lama mundurnya musim kemarau akan tergantung panjangnya musim kemarau yang terjadi.
  • Dengan kata lain permulaan musim penghujan akan mundur, yang apabila pada situasi normal hujan mulai turun pada minggu pertama November, elnino akan menyebabkan permulaan musim penghujan mundur. Sehingga dampak elnino bagi sektor pertanian pada 2009 ini adalah tertundanya jadwal tanam MT I. Dilihat dari resiko penurunan produksi pertanian maka dampak elnino baru akan dirasakan sekitar bulan Februari-Maret 2010. Yaitu jika pada situasi normal pada bulan-bulan tersebut sudah terjadi panen MT I maka akibat elnino panen MT I baru akan terjadi pada April-Mei 2010.
  • Atas perhitungan tersebut maka pelaksanaan MT III sekarang ini hampir dipastikan tidak akan terpengaruh oleh dampak elnino. Artinya bahwa hingga bulan Oktober yang akan datang situasi iklim akan berlangsung normal. Yakni tidak akan terjadi curah hujan mengingat memang periode tersebut merupakan musim kemarau. Kegiatan sektor pertanian sejak saat ini hingga bulan Oktober akan berlangsung dengan situasi cuaca maupun iklim sama dengan musim-musim kemarau tahun biasa. Bahkan selama periode Agustus-September 2009 kondisi lengas (kadar air pada lapisan olah tanah) kondisinya kemungkinan lebih baik mengingat terjadi perpanjangan musim hujan selama satu bulan pada Juni kemarin.
  • Kebutuhan air untuk tanaman hingga bulan September yang akan datang sepenuhnya mengandalkan sisa-sisa curah hujan yang turun ke bumi pada musim penghujan yang lalu.
  • Sebagaimana disebutkan di atas elnino akan berdampak mundurnya MT I 2009-2010. Artinya dilihat dari ketersediaan waktu untuk memproduksi bahan pangan 2010 mengalami pengurangan waktu akibat mundurnya permulaan musim penghujan, sehingga yang harus diantisipasi adalah menurunnya produksi bahan pangan 2010. Terkait dengan hal tersebut kami menghimbau agar mulai dipersiapkan antisipasi terutama berupa penyediaan stok pangan oleh Bulog. Namun alangkah lebih baik apabila tugas menyediakan stok pangan dimaksud sebagian diserahkan kepada pemerintah daerah.
  • Untuk kabupaten Bantul bagi wilayah yang lahan sawahnya masuk kategori irigasi yang baik, yaitu sekitar 12.000 Ha sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan akan terkena dampak elnino, sedangkan bagi sekitar 4.200 Ha sawah yang irigasinya kurang baik dan sekitar 6.600 Ha lahan kering diperkirakan akan sangat merasakan terkena dampak elnino, karena pada lahan tersebut tidak tersedia sumber air yang bisa diakses

Bantul, 3 Agustus 2009
Regards,
Ir. Edy Suhariyanta, MMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar